HARUS TAHU !!! Beginilah Video Tata Cara Sholat Ied Di Rumah Menurut Fatwa MUI.. Ternyata Adalah...


Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa terkait panduan kaifiat (tata cara) takbir dan shalat Idul Fitri di tengah pandemi virus corona. Dalam fatwa tersebut, disebutkan bahwa shalat Idul Fitri boleh dilakukan di rumah secara berjemaah atau sendiri, terutama jika ia berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali. Salah satu sunah dalam shalat Idul Fitri adalah khotbah. Baca juga: Boleh Dilakukan di Rumah, Ini Tata Cara Shalat Idul Fitri Khotbah shalat Idul Fitri dilakukan dengan dua khotbah dan di antara keduanya dipisahkan oleh duduk sejenak. Hal itu sebagaimana diungkapkan dalam hadis Ubaidullah bin Abdullah bin Utbah yang berkata: "Sunah seorang Imam berkhotbah dua kali pada saat hari raya (Idul Fitri dan Idul Adha) dan memisahkan keduanya dengan duduk," (HR Asy-Syafii).

Khotbah Pertama Membaca takbir sebanyak sembilan kali Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca "alhamdulillah" Membaca salawat nabi antara lain dengan membaca "allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad" Berwasiat tentang takwa Membaca ayat Al Quran Khotbah Kedua Membaca takbir sebanyak tujuh kali Memuji Allah dengan sekurang-kurangnya membaca "alhamdulillah" Membaca salawat nabi antara lain dengan membaca "allahumma shalli 'ala sayyidina Muhammad" Berwasiat tentang takwa Mendoakan umat Islam

Sebagai catatan, jika jemaah kurang dari empat orang atau jika dalam pelaksanaan shalat di rumah tidak ada yang berkemampuan untuk khotbah, maka shalat Idul Fitri boleh dilakukan berjemaah tanpa khotbah. Shalat Idul Fitri yang dilaksanakan di rumah dapat dilakukan secara berjamaah dan dapat dilakukan sendiri. Jika dilakukan berjemaah, maka jumlah jemaah yang shalat minimal 4 orang, satu orang imam dan tiga orang makmum. Menurut MUI, shalat Idul Fitri juga boleh dilaksanakan secara berjemaah di tanah lapang, masjid, mushala, atau tempat lain dengan beberapa catatan. Pertama, berada di kawasan yang sudah terekendali pada saat 1 Syawal 1441 H. Hal tersebut ditandai dengan angka penularan yang menunjukkan penurunan tren dan kebijakan pelonggaran aktifitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah. Kedua, berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan, seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tak ada yang terinfeksi, dan tidak ada keluar masuk orang. Kendati demikian, MUI mengeaskan bahwa pelaksanaan shalat Idul Fitri baik di masjid maupun di rumah harus tetap melaksanakan protokol kesehatan. Selain itu, shalat Idul Fitri juga mencegah terjadinya potensi penularan virus corona, di antaranya adalah dengan memperpendek bacaan shalat dan pelaksanaan khutbah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "HARUS TAHU !!! Beginilah Video Tata Cara Sholat Ied Di Rumah Menurut Fatwa MUI.. Ternyata Adalah..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel